UNIVERSITAS GUNADARMA

cara membersihkan karbu vespa

Kamis, 01 Mei 2014

Perawatan sepeda motor vespa
Perawatan sepeda motor vespa perlu rutin dilakukan dikarenakan motor yang kita gunakan sudah lumayan tua dari pada lumanyun,,

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada kendaraan simontok yang satu ini, seperti pada perawatan pada karbulator pada vespa. Pada bagian tersebut harus paling sering kita perhatikan karena termasuk dalam inti pada vespa kalo kata orang mungkin jantungnya,, hehehe,,

    Nah hal pertama yang harus kita siapkan adalah kunci kunci yang akan gunakan dalam pembongkaran pada vespa :

  1. Kunci 11 (bisa menggunakan kunci busi yang terletak pada gagang paling bawah pada kunci busi)
  2. Obeng + dan -
  3. Kunci 10
  4. Tang
  5. Bak kecil (tempat untuk membersihkan karburator)
  6. Kuas
  7. Kompresor (kalo gak punya bisa dengan manual atau di tiup gan) hehehe,,
Sebenarnya sih dalam perawatan vespa tidak sulit dan kunci yang digunakan mudah didapat atau bila kita punya kunci busi yang bawaan dari pabrikan pasti dapat kunci busi yang sudah ada tiga macam kunci dalam satu gagang kunci busi tersebut kalo istilah katanya mah “SERBA GUNA” tinggal kita siap kan saja obeng dan tang.

Setelah alat alat yang kita butuhkan sudah lengkap kita tinggal siap untuk mulai pembongkaran.








Berikut langkah langkahnya gan:

  1. Buka bok penutup mesin pada sebelah kanan vespa kita yang akan dibongkar.



  1. Kemudian siapkan obeng min untuk membuka penutup karburator vespa tersebut.


  1. Setelah terbuka pasti udah keliatan tuh karburatornya gan,, nah baru kita buka atau kita lepaskan karburator dari mesin atau manipulnya dangan menggunakan kunci 11 gan,,
  2. Kalo udah terlepas dari kepala manipul baru kita buka semua komponen pada karburator dan jangan sampai lupa dengan posisi pada letak komponen pada karburator tersebut seperti penempatan pilot jet, slow jet dll,,


  1. Setelah itu baru kita bersihkan satu persatu komponen komponen tersebut dari kotoran yang menempel dengan menggunakan kuas dan diberi tekanan angin untuk membersih komponen tersebut agar celah celah pada karburator menjadi bersih dari kotoran juga,,


  1. Setelah sudah yakin bersih pada bagian bagian karburator kita pasang kembali pada posisi semula jangan sampai ada yang terbalik atau kendor dalam pemasangan komponen karena akan berpengaruh pada kinerja pada karburator tersebut.
Nah tu karburaor kan sudah terpasang kembali dan sudah bersih dari kotoran yang mengganggu kinerja karburator tersebut. Dalam pengertian perawatan atau tune up adalah mengembalikan fungsi kinerja suatu komponen ke fungsi awalnya dengan melakukan perawatan.

Baru setelah itu kita lakukan penyetelan lamsang dan putaran anginnya dengan cara putar setelan gasnya hingga tensioner besar setelan gas yang berada pada bagian atas pada komponen tersebut. Setalah itu kita putar setelan anginnya yang berada pada bawah bagian karburator searah jarum jam hingga mentok lalu kita putar lagi kearah berlawanan jarum jam sampai mendapatkan lamsang paling besar atau kita putar 1,5 putaran melawan arah jarum jam.

4 komentar:

DJ AFIP mengatakan...

Rajalistrik.com

killer_queen mengatakan...

Ngelepas karbunya pake konci L brpa..

killer_queen mengatakan...

Ngelepas karbunya pake konci L brpa..

killer_queen mengatakan...

Ngelepas karbunya pake konci L brpa..

Posting Komentar

 
TERIMA KASIH