UNIVERSITAS GUNADARMA

KOMUNIKASI

Sabtu, 29 Desember 2012



Pengertian Komunikasi adalah Upaya untuk membuat pendapat, menyatakan perasaan, menyampaikan informasi dsb, agar diketahui atau dipahami oleh orang lain 

            To make opinions, feelings, information etc, known Or understood by others (Longman)

Kemampuan untuk mengungkapkan keinginan, ide, perasaan, fikiran atau pendapat seseorang sehingga dapat mengerti dan dimengerti oleh orang lain.
Komunikasi juga dapat diartikan sebagai berikut
“Proses penyampaian pesan dari Komunikator ke Komunikan melalui saluran/media dengan harapan mendapatkan umpan balik” 

Unsur-unsur komunikasi
a.    Komunikator/sender/pengirim
  1.  Pesan
  2.  Channel/saluran/media
  3.  Komunikan/Penerima/Reciever
  4.  Respon

Faktor-faktor yang mempengaruhi kelancaran atau kehambatan dalam komunikasi
a.    Pengetahuan              
  1. Pengalaman
  2. Intelegensi
  3. Kepribadian
  4. Budaya
  5. Biologis (kelainan mulut, gagap, cadel)

Teknik berkomunikasi dengan efektif
a.    Mendengar dengan aktif
  1. Trampil dalam berbicara
  2. Gaya bicara
  3. Penampilan yang menarik; Pakaian, Pandangan Mata, raut muka, sikap badan, suara, tulisan, senyum, jabatan tangan, ingat nama, tulus.
Ciri-ciri komunikasi yang tidak efektif

  • Bertele-tele
  • Malu-malu
  • Marah-marah
  • Maksud yg disampaikan tdk jelas
  • Tersembunyi maksud pesan
  • Non verbal
  • Satu arah
  • Tidak responsive
  • Tidak nyambung
  • Tidak terbuka
Jarak Individu Dlm Komunikasi
(Allan Pease, 1981)

  • The Intimate Zone (Jarak Komunikasi 6-18 inc/15-45cm)
à    Bicara dengan teman dekat
  •   The Personal Zone (jarak Komunikasi 18-48 inc/45-120cm)
àBicara keg. Sosial dengan Teman yg kita kenal baik

  •   The Sosial Zone (Jarak Komunikasi 4-12 feet/1,5-3,5m)
àBicara dengan orang asing

  •   The Public Zone (Jarak Komunikasi >12 feet/diatas 3,5m)
à Bicara dengan pendengarà Kelompok.

0 komentar:

Posting Komentar

 
TERIMA KASIH